• Mini Cooper SE 2020.-IST-

Dibanderol di Bawah Rp 500 Juta, MINI Cooper SE Banjir Peminat

Dibanderol di Bawah Rp 500 Juta, MINI Cooper SE Banjir Peminat

Wed, 06/24/2020 - 18:15
Posted in:
0 comments

Untuk mendapatkan mobil antik berbahan bakar listrik kebanggaan kini tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, apalagi sampai miliaran. Mini Cooper SE yang ramah lingkungan akan dilempar ke pasaran dengan harga di bawah Rp500 juta.

Project Manager for the Electric MINI, Elena Eder membenarkan mobil listrik racikan timnya, yaitu Mini Cooper SE mendapatkan respon positif di pasaran lantaran harganya yang semakin kompetitif dengan mobil berbahan fosil.

Penjualan mobil edisi spesial yang menggunakan bahan bakar non-emisi alias tenaga listrik diklaim sudah menembus puluhan ribu unit. Sayang, Mini Cooper SE sejauh ini belum jelas kapan akan sampai di Indonesia.

"Sejauh ini, kami sudah memiliki lebih dari 45 ribu pelanggan yang tertarik kepada sosok MINI bertenaga listrik," kata Elena Eder seperti dikutip dari Autoevolution.

Elena Eder mengaku produksi MINI listrik baru akan dimulai pada 1 November 2019 mendatang di Oxford, sekitar satu jam perjalanan dari ibu kota itu pengiriman perdananya akan dilakukan pada tahun 2020 ini.

Mini Cooper SE ditenagai oleh motor listrik 135 kW (184 PS/181 hp) yang sama dengan mesin BMW i3s. Tenaga produksinya adalah torsi instan 270 Nm (200 lb-ft). Mobil ini hadir dengan penggerak depan atau FWD dan mengandalkan baterai lithium-ion bertenaga 32,6 kWh yang memungkinkan kemampuan meretas jarak sejauh 235 hingga 270 km.

MINI mungil ini dibanderol hanya 27,9 ribu poundsterling atau setara dengan Rp 478 juta untuk pasar Inggris dan seluruh Britania Raya. Itu artinya kalau akan mengaspal ke Indonesia harus menunggu Keppres tentang mobil listrik yang dijadwalkan dikeluarkan Agustus mendatang.

Menurut Carscoops, MINI Cooper SE akan ditawarkan dalam 3 varian. Sayangnya, dari ketiga varian tersebut, baru 1 varian termurahnya saja yang diungkap spesifikasinya oleh MINI.

Pada varian standarnya ini, akan dibekali dengan velg berukuran 16 inci, lampu depan dan lampu kabut LED pada bagian eksteriornya.

Sementara pada bagian interiornya, akan mendapatkan sistem infotainment berukuran 6,5 inci yang dapat mengakomodir, panggilan telepon, Apple CarPlay, Bluetooth, dan kamera mundur.

Tidak hanya itu saja, pada varian ini juga dilengkapi dengan Rain Sensor, Spion samping berpemanas, dan jok kulit dengan kursi depan yang dilengkapi dengan pemanas.

Terdapat juga beragam fitur keselamatan di dalam MINI Cooper SE, seperti Cruise Control, Active Driving Assistant dengan Forward Collision Warning, dan Acoustic Pedestrian Warning.

Mini Cooper SESementara untuk jantung pacunya, seluruh varian MINI listrik tersebut akan dipersenjatai oleh motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 181 dk dan torsi 270 Nm. Motor listrik tersebut akan menggerakkan dua roda depan.

Dengan tenaga yang dimilikinya tersebut, MINI listrik ini mampu melesat dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 6,9 detik, dengan kecepatan tertinggi 150 km/jam. Untuk baterai, MINI Cooper SE akan dibekali dengan baterai berukuran 32,5 kWh.

Untuk mengisi baterai tersebut hingga penuh, akan membutuhkan waktu hingga 4 jam dengan pengisian daya di rumah. Dengan kondisi baterai yang terisi penuh, mobil ini mampu melaju hingga jarak 270 km.

“Kami, di MINI dengan senang hati menawarkan lebih banyak pilihan kemampuan berkendara dalam MINI Cooper SE. Sebuah mobil listrik murni yang memang dibangun untuk dikendarai,” ujar Wakil Presiden MINI Amerika, Michael Peyton.

(Autoweek.com/Carscoop.com/Caranddrive.com/Forbes.com/01)